Pembelajaran tanpa
menggunakan media pembelajaran selayaknya sayur tanpa garam. Jika dalam sebuah
pembelajaran tidak digunakan media pembelajaran maka sudah bisa dibayangkan
betapa bosannya peserta didik yang mengikuti pembelajaran tersebut.
Semakin melajunya
perkembangan teknologi maka media pembelajaran mengalami kemajuan pula. Jika dulu
media pembelajaran hanya memanfaatkan perangkat keras maka kini media
pembelajaran yang menggunakan media berupa perangkat lunak pun semakin
menjamur.
Semakin memasyarakatnya
internet ternyata membawa dampak positif dalam dunia pendidikan, khususnya bagi
guru dalam menemukan media pembelajaran. Salah satu dari media tersebut adalah
film.Untuk memperoleh media pembelajaran seorang guru tidak harus susah payah
membuat sendiri. Hanya dengan mendownload dalam waktu beberapa detik saja
seorang guru sudah bisa mendapatkan media pembelajaran yang menarik buat
peserta didik.
Pemanfaatan film dalam pembelajaran.
Pembelajaran dengan
memanfaatkan media film ternyata sangat menarik perhatian siswa. Dengan demikian
akan meningkatkan hasil belajar siswa sebagaimana yang diungkapkan Prof.
Slameto bahwa peningkatan minat belajar siswa mempengaruhi peningkatan hasil
belajar siswa.
Pemanfaatan film
dalam pembelajaran tentunya harus menggunakan cara-cara khusus agar
pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal. Cara yang selama ini penulis
gunakan adalah dengan menggunakan metode kredit pertanyaan, atau kami
menyebutnya dengan metode kreta.
1. Sebelum pemutaran film guru menjelaskan
aturan main.
2. Sebelum film diputar, guru memberikan
satu pertanyaan kepada siswa.
3. Pemutaran film.
4. Siswa menjawab pertanyaan yang telah
diberikan sebelum pemutaran film.
5. Guru memberikan pertanyaan berikutnya
dilanjutkan pengulangan pemutaran film. Demikian terus berulang sampai soal
yang disediakan habis.
Dengan metode
tersebut diharapkan siswa akan lebih berkonsentrasi untuk menyimak film dan memahami
muatan film tersebut. Metode ini tercipta dengan berpijak pada teori ekonomi
yang mengatakan bahwa seseorang akan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dengan memberikan pertanyaan sebelum pemutaran film, diharapkan siswa merasa
memiliki kebutuhan untuk menjawabnya. Dalam hal ini pertanyaan dianggap sebagai
stimulus. Dengan kebutuhan tersebut maka siswa akan bekerja, yaitu dengan cara
menyaksikan film secara sungguh-sungguh.
Dalam
pemilihan film, seyogyanya dipilih film-film yang sesuai dengan perkembangan
usia anak didik. Penulis lebih cenderung memilh film kartun sebagai media
pembelajaran sebab menurut hemat penulis anak-anak usia sekolah dasar masih
suka dengan film jenis tersebut.
1 komentar so far
Semoga apa yang dicita-citakan sekolah bisa terwujud dengan hasil siswa yang cerdas berbudi pekerti luhur dan bertakwa.
Samsung Galaxy Gear
Samsung Galaxy S
Samsung Galaxy Note 3 Neo
Samsung Galaxy pocket
EmoticonEmoticon