Friday, 28 February 2014

Penggolongan Tumbuhan


a. Penggolongan tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya
1. Ada tumbuhan yang hidup di darat.
Tumbuhan darat ada yang tumbuh di atas tanah. Contohnya tanaman mangga, cabai, dan tomat. Tumbuhan darat ada yang tumbuh di atas batu. Contohnya lumut. Ada tumbuhan yang menumpang pada pohon inangnya. Contohnya anggrek dan benalu.

2. Ada tumbuhan yang hidup di air.
Akar, batang, dan daunnya berada di air. Contohnya teratai, eceng gondok, dan bakau. Tanaman bakau dapat kamu temukan di pantai.
Tanaman bakau bermanfaat mencegah erosi di daerah pantai.

b. Penggolongan tumbuhan berdasarkan jenis biji
Jenis biji tumbuhan ada dua. Ada yang berkeping satu, disebut monokotil. Ada tumbuhan berkeping dua disebut dikotil. Akar tumbuhan monokotil
berbentuk serabut. Akar tumbuhan dikotil berbentuk tunggang. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Akar tunggang memiliki akar pokok yang lebih besar dan bercabang. Coba perhatikan gambar di samping. Contoh tumbuhan monokotil adalah padi, jagung, dan kelapa. Contoh tumbuhan dikotil adalah mangga, rambutan, dan kacang tanah.

c. Penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk batang
Batang bagi tumbuhan memiliki dua fungsi. Batang untuk menyangga tubuh. Batang sebagai penyalur bahan makanan dari akar ke daun. Tumbuhan memiliki dua jenis batang. Ada batang berkayu. Ada batang tidak berkayu.


Ciri batang berkayu adalah keras, berwarna cokelat dan berukuran besar. Contoh tumbuhan berbatang kayu adalah jati, mangga dan rambutan. Ciri batang tidak berkayu adalah lunak, mudah patah, berwarna hijau, dan mengandung air (basah). Contohnya tanaman padi, bayam, sawi, jagung, dan kangkung.

1 komentar: