Friday, 28 February 2014

Sumber Sejarah

Kamu tentu sering mendengar kata sejarah, tahukah kamu artinya? Sejarah adalah kisah atau cerita yang mengupas peristiwa kehidupan manusia pada masa lampau. Setiap negara pasti memiliki sejarah, bahkan setiap manusia juga mempunyai sejarah. Kamu juga mempunyai sejarah, yaitu kisah atau cerita ketika dilahirkan, bersekolah, dan bermain yang merupakan bagian dari sejarah hidup kamu.

Ada sebuah pepatah mengatakan "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan mempelajari sejarah bangsanya". Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mempelajari sejarah, di antaranya:

1. dapat mengetahui berbagai kisah yang terjadi pada masa lampau
2. dapat lebih bijaksana dalam menentukan langkah hidup pada masa kini dan masa yang akan datang.

Sejarah terjadi di masa lampau sehingga dibutuhkan peninggalan-peninggalan sejarah untuk mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Oleh karena itu, peninggalan sejarah disebut juga sumber sejarah.

Ada beberapa sumber sejarah yang dapat digunakan untuk mengetahui peristiwa masa lampau, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Lisan
Sumber lisan merupakan kesaksian lisan dari pelaku atau saksi sejarah. Contohnya, cerita tokoh perjuangan kemerdekaan melawan penjajah.

2. Sumber Tulisan
Sumber tulisan merupakan keterangan tertulis mengenai peristiwa sejarah. Contohnya, naskah teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno.

3. Sumber Benda
Sumber benda merupakan benda-benda peninggalan masa lampau. Contohnya, Masjid Raya Demak yang merupakan peninggalan Kerajaan Demak. Indonesia merupakan negara yang kaya akan peninggalan sejarah. Banyak peninggalan sejarah yang ditemukan di Indonesia.

Peninggalan sejarah tersebut, dapat dikelompokkan, yaitu sebagai berikut:
a. Bangunan
Peninggalan sejarah berupa bangunan, antara lain candi, prasasti, yupa, patung, relief, dan gapura.

b. Karya Sastra atau Kitab
Karya sastra atau kitab biasanya menceritakan sebuah kerajaan, contohnya, Negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca, yang menceritakan Kerajaan Majapahit.

c. Masjid
Masjid merupakan peninggalan Islam yang merupakan tempat ibadah umat Islam. Masjid dibangun pada masa kerajaan Islam berkembang di Nusantara.

d. Benteng
Benteng merupakan tembok pertahanan yang dibangun untuk bertahan dari serangan musuh. Benteng yang ditemukan di Indonesia dibangun pada masa kolonial. Beberapa benteng yang ditemukan di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.

1) Benteng de Kock
Benteng ini terdapat di Bukittinggi, Sumatra Barat. Benteng ini dibangun oleh Belanda pada 1825 sebagai pertahanan dalam Perang Paderi.

2) Benteng Marlborough
Benteng ini terdapat di Bengkulu. Benteng peninggalan Inggris ini, dibangun pada masa pemerintahan Raffles pada 1714.

3) Benteng de Rotterdam

Benteng ini dibangun Belanda di Makassar, untuk menghadapi perlawanan rakyat Sulawesi Selatan.

1 komentar:

  1. Semoga apa yang dicita-citakan sekolah bisa terwujud dengan hasil siswa yang cerdas berbudi pekerti luhur dan bertakwa.
    Samsung Galaxy Gear
    Samsung Galaxy S
    Samsung Galaxy Note 3 Neo
    Samsung Galaxy pocket

    ReplyDelete