Wednesday, 15 January 2014

Benda dan Kegunaannya

Ibu memasak menggunakan berbagai peralatan masak. Kompor digunakan untuk memanaskan makanan. Makanan diletakkan di atas penggorengan.

Kamu ke sekolah mengenakan baju seragam. Kamu juga memakai
kaus kaki dan sepatu. Kamu membawa tas sekolah dan alat tulis.
Baju melindungi tubuh kita dari panas dan angin. Kaus kaki membuat
kaki terasa nyaman. Kaki menjadi tidak lecet saat mengenakan
sepatu. Sepatu melindungi kaki kita. Kaki menjadi aman dari kerikil dan
benda tajam.

Kita berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan. Kendaraan mempercepat perjalanan. Kendaraan ada bermacammacam. Ada sepeda, sepeda motor, bus, dan mobil.

Guru menulis di papan tulis. Papan tulis dibuat lebar dan dicat
hitam. Guru menulis dengan kapur  tulis. Kapur tulis berwarna putih.
Tulisan dengan kapur tulis mudah dilihat. Tulisan ini mudah dihapus.
Penghapus papan tulis berbeda dengan penghapus pensil.

Menggunakan benda sesuai kegunaannya
Dapatkah kamu memotong kayu menggunakan pisau dapur? Ya mungkin saja bisa. Akan tetapi kamu membutuhkan waktu lebih lama. Memotong kayu lebih mudah menggunakan gergaji. Pisau dapur tidak didesain untuk memotong kayu. Pisau dapur untuk memotong bahan-bahan yang lunak. Contohnya sayuran, buahbuahan, dan daging. Jadi kita harus menggunakan benda sesuai fungsinya.

Penghapus papan tulis untuk menghapus tulisan di papan tulis. Karet penghapus untuk menghapus tulisan pensil di atas kertas. Tisu tidak bisa digunakan untuk menghapus tulisan. Tisu untuk mengelap kotoran pada wajah dan tubuh kita. Kita harus menggunakan benda sesuai tujuan pembuatannya.

Kegunaan benda berdasarkan bahan pembuatnya
Bahan dari kertas
Kertas termasuk barang yang multiguna. Artinya, kertas memiliki bermacam-macam kegunaan. Buku terbuat dari kertas. Koran dan majalah dicetak di atas kertas. Kertas juga digunakan untuk pembungkus. Contohnya untuk mengemas bahan makanan dan semen. Kertas juga dapat digunakan untuk mengelap kotoran. Contohnya kertas tisu.
Benda dari kayu
Kamu tentu mempunyai pensil bukan? Batang pensil terbuat dari
kayu. Meja, kursi, lemari, dan pintu juga terbuat dari kayu. Kayu diambil dari batang pohon. Ada banyak jenis kayu. Contohnya kayu jati, kalimantan, meranti, dan sengon. Setiap jenis kayu memiliki kelebihan. Misalnya kayu jati bersifat keras. Kayu jati cocok untuk membuat perabot
rumah.

Benda dari plastik
Plastik adalah bahan yang mudah dibentuk tetapi kuat. Plastik dibuat di pabrik plastik. Plastik digunakan untuk membuat berbagai benda. Contohnya kantong plastik, stiker, dan wadah makanan. Kursi dan meja juga dibuat dari plastik. Plastik juga dapat diubah menjadi bahan yang tahan panas. Contohnya teflon. Teflon digunakan untuk melapisi alat masak. Tujuannya agar masakan tidak lengket pada alat masak.

Benda dari kaca
Kaca adalah bahan bening yang tembus pandang. Kita dapat melihat
benda di balik kaca. Kaca dibuat dengan melebur silika (pasir).
Kemudian didinginkan dengan cepat. Ada jenis kaca yang mudah
hancur. Ada jenis kaca yang kuat bahkan tahan peluru. Jendela,
gelas minum, dan cermin dibuat dari kaca. Lensa mata juga dibuat
dari kaca.

0 komentar:

Post a Comment