Thursday, 2 August 2012

Mari Mengartikan Surat An Nasr

Surat An Nasr merupakan surat yang ke 110 dari 114 surat dalam Al Quran. Surat ini terdiri dari 3 ayat. Termasuk surat Madaniyah yang diturunkan di Mekah sesudah surat At Taubah. Meskipun turun di Mekah namun surat ini termasuk surat Madaniyah sebab waktu turunnya setelah Nabi Muhammad SAW hijrah. Nama An Nasr diambil dari kata an nasr pada ayat pertama surat ini. An Nasr artinya kemenangan atau pertolongan.

Sebelum mempelajari arti surat An Nasr, mari kita dengarkan terlebih dahulu bacaan surat An Nasr berikut ini!


Berikut ini adalah arti Surat An Nasr.
1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan
2. dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah
3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh Dia Maha  Penerima Taubat.

Kandungan Surat An Nasr.
Pada ayat 1 Allah SWT menyatakan , "Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan." Telah tebuka kota Mekah yang pada waktu sebelumnya tertutup bagi kaum muslimin. Nabi Muhammad dengan pertolongan Allah memperoleh kemenangan dapat memasuki dan menaklukkan kota Mekah dengan 10.000 pasukan beliau.

Berhala-berhala yang selama ini disembah oleh orang kafir Quraisy telah dihancurkan. Ka'bah dan sekelilingnya telah bersih dari berhala dan dikuasai Nabi Muhammad bersama kaum muslimin. Kemenangan ini sering disebut dengan peristiwa Fathul Makkah. Kemenangan ini membuktikan kebenaran janji Allah bahwa Islam akan jaya. Namun, kemenangan itu tidak diperoleh tanpa pengorbanan dan kesungguhan usaha. Oleh sebab itu, untuk memperoleh apapun harus disertai dengan alam merusaha yang sungguh-sungguh, termasuk dalam mencapai cita-cita.

Pada ayat 2 Allah menjelaskan kepada Nabi Muhammad, "dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah". Setelah kemenangan umat Islam manusia berbondong-bondong dari seluruh penjuru Arab. Mereka mengakui agama Islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat. Sejak peristiwa Fathul Makkah itu banyak orang menyatakan diri sebagai pengikut Nabi Muhammad.
Pada ayat ketiga Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk bertasbih dan memohon ampunan. Arti tasbih adalah mengakui kebesaran dan kesucian Allah. Perintah bertasbih adalah untuk mengagungkan Allah. Hal itu dikarenakan kemenangan Nabi Muhammad dan Kaum Muslimin adalah karunia Allah yang harus disyukuri.

Rasulullah diperintah Allah untuk memohonkan ampun bagi orang-orang kafir yang sudah bertaubat. Mereka telah bersedia mengikuti syariat Islam dengan sukarela. Meskipun mereka dahulumemusuhi dan menyiksa kaum muslim namun semua itu akan diampuni karena sesungguhnya Allah adalah penerima taubat.

Sud ahkah kamu menyelesaikan materi ini? Ujilah pemahaman kamu dengan mengerjakan Soal Surat An Nasr!

0 komentar:

Post a Comment