Friday, 29 June 2012

Jenis-Jenis Makanan Hewan

Hewan membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Hewan memiliki jenis makanan tertentu. Hewan tidak bisa memakan semua jenis makanan. Hal ini karena bagian tubuhnya sudah disesuaikan dengan jenis makanannya. Jenis-jenis makanan hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu berupa tumbuh-tumbuhan dan berupa hewan lain.

1. Makanan Berupa Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber makanan yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Hampir semua bagian tumbuhan dapat dimakan oleh hewan. Dari daun, batang, buah, bunga, biji, sampai akarnya pun bisa dijadikan sumber makanan.[1]

a. Daun
Bagian tumbuhan yang paling umum dijadikan makanan hewan adalah daun. Pernahkah kamu melihat ulat? Mungkin ada diantara kamu yang jijik melihat ulat. Ulat banyak terdapat di daun-daun tumbuhan. Apakah makanan ulat? Ya, ulat memakan daun-daun tumbuhan tempat dia berada. Selain ulat, masih banyak hewan lain yang makanan utamanya adalah daun. Misalnya, kambing, zarafah, kijang, zebra, dan kelinci. Dapatkah kamu menyebutkan contoh yang lain?


b. Batang
Di desa, banyak petani yang memelihara sapi atau kerbau. Selain bisa diambil tenaganya, hewan tersebut juga bisa dijadikan penghasilan tambahan bagi para petani. Apakah makanan sapi? Salah satu jenis makanan sapi adalah batang tumbuhan padi dan jagung. Tumbuhan lain yang biasa dimakan batangnya adalah pohon bambu. Panda sangat menyukai batang bambu muda. Dari negara manakah panda berasal? Coba sebutkan hewan lain yang juga memakan batang tumbuh-tumbuhan!

c. Buah
Apakah kamu suka memakan buah-buahan? Buah apa yang paling kamu sukai? Selain kamu, banyak binatang yang makanan utamanya adalah buah. Binatang apa sajakah itu? Kamu mungkin pernah mengigit ulat yang terdapat di dalam buah yang sedang kamu makan. Mengapa ulat berada di dalam buah? Ya, ada beberapa jenis ulat yang makanan utamanya adalah buah. Jenis ulat ini biasanya dianggap hama bagi para petani buah karena merugikan.


d. Biji
Biji merupakan bagian tumbuhan yang disukai oleh berbagai jenis hewan, terutama jenis burung. Biji padi dan jagung merupakan makanan lezat bagi burung pipit. Biji kenari banyak diincar tupai.

e. Bunga
Lebah dan kupu-kupu mengambil makanan dari bunga, yaitu berupa madu bunga.


2. Makanan Berupa Hewan
Hewan-hewan kecil banyak yang menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar. Pernahkah kamu memerhatikan cecak di dinding rumahmu? Apa makanan cecak? Ya, makanan cecak adalah serangga kecil seperti nyamuk.demikian juga tokek, ia adalah pemakan serangga.

Hewan yang bertubuh besar juga dapat menjadi makanan hewan lain. Tikus menjadi mangsa kucing. Kelinci menjadi makanan elang. Bahkan di hutan,  hewan besar seperti jerapah, kijang, dan kerbau dijadikan mangsa oleh harimau dan singa. Pernahkah kamu melihat ular yang makan kijang atau kambing? jenis ular apakah itu?

Hewan kecil pun ada yang memangsa hewan yang lebih besar, yaitu dengan cara menghisap darahnya. Hewan tersebut adalah nyamuk. Pernahkah kamu digigit nyamuk? Selain menggigit kita nyamuk juga menggigit sapi, kerbau, dan hewan lain yang berdarah.

Contoh hewan dan jenis makanannya yang berbeda-beda.
Berikut ini adalah hewan-hewan yang ada di sekitar kita. Apa saja ya makanannya?
1. Ikan
Ikan sangat beragam jenisnya. Tidak semua ikan memiliki jenis makanan yang sama. Ikan hias yang biasa dipelihara, memakan cacing- cacing kecil. Ada juga ikan yang menyukai tumbuhan, misalnya ikan mas. Ada pula ikan yang memakan ikan-ikan kecil, seperti ikan arwana.

2. Katak
Di manakah kita biasa menemukan katak? Katak biasanya banyak ditemukan di kolam atau di sawah. Makanan katak adalah serangga, misalnya nyamuk, lalat, dan belalang. Katak juga memakan cacing dan laba-laba. Katak menangkap mangsa menggunakan lidahnya.

3. Cicak
Cecak sering kita jumpai di rumah. Cecak bergerak merayap di dinding dan atap rumah. Keberadaan cecak di rumah menguntungkan kita karena cecak memakan nyamuk. Nyamuk adalah musuh manusia, karena nyamuk mengisap darah manusia. Dengan adanya cecak, jumlah nyamuk di rumah kita dapat berkurang. Kita tidak perlu repot lagi untuk membasmi nyamuk. Selain nyamuk, cecak juga suka memakan lalat.

4. Burung
Jenis burung beraneka ragam. Ada burung kakatua, elang, merpati, nuri, dan lain- lain. Masing-masing burung memiliki jenis makanan yang berbeda-beda. Burung kakatua memakan biji-bijian dan buah-buahan. Burung elang memakan ular dan ikan. Burung merpati memakan biji-bijian.
Perbedaan jenis makanan burung dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Bentuk paruh kakatua berbeda dengan paruh burung elang. Paruh burung elang runcing dan melengkung. Paruh burung elang kuat dan tajam sehingga mampu membunuh ular. Paruh burung kakatua dan merpati tidak sekuat burung elang. Bentuk paruhnya disesuaikan untuk mematuk buah-buahan dan biji-bijian.

5. Sapi
Sapi merupakan hewan yang bermanfaat bagi manusia. Sapi merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan lainnya. Tahukah kamu apa makanan sapi? Benar, makanan sapi adalah rumput. Dapatkah kamu menyebutkan hewan lain yang juga memakan rumput?

6. Kucing
Kucing merupakan hewan yang dipelihara di rumah. Tahukah kamu apa makanan kucing? Kucing suka sekali memakan ikan. Selain ikan, kucing juga suka memakan daging hewan lain seperti tikus. Tikus adalah salah satu makanan kesukaan kucing.[2]
Kucing memiliki gigi taring yang kuat dan tajam. Taring itu berguna untuk menerkam dan mengoyak daging mangsanya. Hewan apa lagi yang memakan daging hewan lain?

[1]Budi Wahyono dan  Setya  Nurachmandani, Ilmu Pengetahuan Alam 4, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008, hlm. 44
[2]Aprilia Dan Afifatul Achyar, Ilmu Pengetahuan Alam 4, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009, hlm. 68

2 komentar:

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari membuat Manisan kolang kaling

    ReplyDelete
  2. thank infonya sangat membantu, silahkan kunjungi balik web kami http://bit.ly/2NlzJZM

    ReplyDelete