Wednesday 2 May 2012

Selayang Pandang MI Al Mustajab Wahyurejo

Nama Instansi  : MI Al Muatajab Wahyurejo
NSM               : 111233220127
Alamat             : Jln PTPN IX Jatirunggo, Dsn. Wahyurejo, Kel. Pringapus, Kec. Pringapus. Kab. Semarang
E-mail              : al_mustajab@rocketamil.com

Sejarah berdirinya MI Al Mustajab.
MI Al Mustajab Wahyurejo didirikan pada tahun 1976. Embrio dari institusi ini adalah sebuah Madrasah Diniyyah yang dikelola oleh keluarga besar Bapak Mustajab di rumah beliau.
Karena lembaga pendidikan formal dirasa sangat dibutuhkan, mengingat Madrasah Diniyyah Al Mustajab saat itu siswanya sangat banyak, maka tergeraklah hati salah seorang putri Bapak Mustajab, yaitu ibu Khomsatun, untuk mewakafkan tanahnya untuk bangunan masjid dan Madrasah Ibtidaiyyah. Dengan adanya tanah wakaf tersebut kemudian dibentuklah sebuah yayasan Al Mustajab di bawah asuhan Bapak Zaini Maksum alm.

Pada tahun 2001 MI ini sempat akan ditutupsebab semakin lama siswanya semakin sedikit. Masyarakat sekitar lebih tertarik untuk menyekolahkan putra-putrinya ke SD Negeri terdekat. Namun berkat perjuangan keras dari sang kepala sekolah, Hj. Futichah, maka sekolah ini masih tetapeksis sampai saat ini.

Letak Geografis
MI Al Mustajab terletak di dusun yang terdiri dari dua RT dan terpisah agak jauh dari desa sebelah. Hal ini mempengaruhi jumlah siswa yang sekolah di MI Al Mustajab. Ditambah lagi dengan kesuksesan KB masyarakat sekitar membuat jumlah siswa usia sekolah semakin sedikit.

Ekonomi Masyarakat Sekitar
Mata pencaharian masyarakat sekitar MI Al Mustajab adalah pekerja pabrik. Keseharian mereka yang lebih banyak di pabrik dibandingkan di rumah membuat perhatian mereka terhadap kemajuan pendidikan peserta didik tidak maksimal

2 komentar

apakah ditempat ini pernah ada pondok pesantren. jika benar tolong tuliskan

apakah ditempat ini pernah ada pondok pesantren. jika benar tolong tuliskan


EmoticonEmoticon