Tuesday, 15 May 2012

Menghafal Surat Al Insyirah

Siapakah yang rajin membaca Al Quran? Perlu kalian ingat bahwa membaca Al Quran termasuk ibadah. Membaca Al Quran juga merupakan zikir, sementara itu zikir  dapat menenteramkan hati. Jadi ketika hati kita sedang sedih maka ambillah air wudu dan bacalah Al Quran, insyaallah hati kita akan tenteram.

Pada tulisan kali ini akan dibahas materi tentang Surat Al Insyirah. Berikut ini adalah lafaz Surat Al Insyirah. Cobalah kalian dengarkan baik-baik kemudian ditirukan, ya! Setelah itu hafalkan dengan tekun sampai bisa!

Surat Al Insyirah terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan setelah Surat Ad Duha. Ada yang menyebut surat ini dengan Surat Alam Nasrah, yaitu diambil dari kata pertama dari surat tersebut. Surat ini merupakan penghibur hati bagi Nabi Muhammad.
Pokok-pokok ajaran dari Surat Al Insyirah adalah penegasan tentang nikmat-nikmat yang diberikan kepada Nabi Muhammad serta pernyataan Allah bahwa disamping kesukaran ada kemudahan. Oleh karena itu Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad agar tetap melakukan amal-amal saleh dan bertawakal kepada-Nya.


Jika kamu telah memahami materi di atas maka ujilah pemahaman kamu dengan menjawab soal Surat Al Insyirah!

0 komentar:

Post a Comment