Thursday 26 April 2012

Disiplin Waktu

Assalamu alaikum wr. wb.
            Kepada dewan yuri yang terhormat, beserta teman-teman peserta lomba pidato yang saya sayangi. Pada kesempatan ini saya akan membahas masalah kedisiplinan, yaitu disiplin waktu.
            Apakah disiplin itu? Barangkali di antara teman teman ada yang tahu. Disiplin adalah mengerjakan sesuatu sesuai aturan yang berlaku. Orang yang disiplin senantiasa menaati peraturan yang telah ditetapkan bersama. Mereka tidak memiliki keinginan untuk mengingkari apa yang telah menjadi aturan. Jadi disiplin waktu dapat diartikan mengerjakan sesuatu sesuai dengan jadual yang telah direncanakan.
            Hadirin yang saya hormati. Pernahkah kita berpikir bahwa kegiatan Bapak Presiden sangat padat? Kadang-kadang dalam sehari beliau harus mengunjungi beberapa daerah terpencil yang letaknya berjauhan. Bagaimana semua itu dapat terlaksana dengan baik? Ternyata Bapak Presiden telah memiliki tim protokoler yang bertugas untuk mengatur agenda kerja beliau setiap harinya. Dan tim inilah yang mengatur kegiatan bapak Presiden agar tepat waktu, sehingga semua agenda berjalan dengan sukses.
            Selain contoh di atas, banyak pula kisah-kisah orang sukses yang diawali dengan disiplin waktu. Buktinya, tidak jarang kita mendengar semboyan dari para pengusaha, bahwa  waktu adalah uang. Kemudian para agamawan juga bersemboyan bahwa waktu laksana pedang. Hal ini membuktikan bahwa disiplin waktu sangat berpengaruh bagi kesuksesan seseorang.
            Lalu bagaimana agar kita dapat menjadi siswa yang sukses? Tentu kita juga harus didiplin waktu. kita coba membuat daftar kegiatan dari bangun tidur sampai tidur kembali. Kapan kita belajar? Kapan kita bermain? Dan jadual ini harus kita taati. Selain itu kita juga harus berusaha untuk mengerjakan tugas tepat waktu. dengan ini kita akan menjadi siswa yang sukses.
            Hanya ini yang dapat saya sampaikan, segala kesalahan mohon dimaafkan.
            Wassalamu alaikum wr. wb.  


EmoticonEmoticon