Thursday, 26 April 2012

Dampak Perkembangan IPTEK

Assalamu alaikum wr. wb.
            Kepada dewan juri yang terhormat, beserta teman-teman peserta lomba pidato yang saya sayangi.
            Tentunya kita sadar bahwa di lingkungan sekitar kita telah banyak alat-alat yang menggunakan teknologi canggih. Misalnya, dengan menekan beberapa tombol saja, kita dapat berbicara dengan orang yang ada di wilayah lain. Bahkan yang lebih mutakhir, kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan melihat gambar orang yang kita ajak berkomunikasi. Hebat bukan? Itulah salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi, yaitu dapat membuat urusan kita menjadi lebih mudah.
            Hadirin yang saya hormati. Selain memiliki dampak positif, ternyata perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberikan dampak negatif dalam kehidupan kita. Kita ambil contoh televisi. Bila kita cermati, televisi bagi seorang siswa seperti kita, saat ini lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya. Hampir setiap saat stasiun-stasiun televisi itu menayangkan adegan kekerasan, kriminalitas maupun pornografi. Hal ini secara tidak langsung telah mengajari anak-anak seusia kita untuk melakukan hal tersebut.
            Teman-teman yang saya sayangi. Setelah kita tahu dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi, lalu bagaimana seharusnya kita bersikap? Selain diberi materi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi oleh bapak dan ibu guru di sekolah, kita juga diajari budi pekerti. Nah, dengan budi pekerti inilah kita seharusnya dapat memilih antara manfaat dan bahaya dari kecanggihan teknologi. Dengan demikian, teknologi yang semakin canggih ini akan membuat hidup kita lebih sejahtera. Bukan malah sebaliknya, kita terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik disebabkan oleh kecanggihan teknologi.
            Semoga uraian yang saya sampaikan ini dapat menjadi bahan renungan bagi kita semua. Namun jika kita terlalu lama merenung maka kita akan tertinggal oleh laju teknologi yang begitu cepat. Oleh karena itu, marilah sejak saat ini kita mulai berpikir cerdas, kritis dan kreatif untuk mengimbangi laju teknologi tersebut.
            Hanya ini yang dapat saya sampaikan, segala kesalahan mohon dimaafkan.
            Wassalamu alaikum wr. wb.

0 komentar:

Post a Comment